• Listing Properti Terbaik di Sumbar

Compare Listings

Kamu Gadis Minang? Pastikan Mengetahui 5 Fakta Menarik Tentang Suntiang, Mahkota Pengantin Anak Daro Minangkabau

Suntiang menjadi daya tarik bagi gadis yang hendak melangsungkan pernikahan dengan adat Minang. Mahkota ini berbentuk besar dan dihiasi dengan berbagai aksesoris premium, sehingga sang pemakai akan tampil menawan bak putri raja. Ada kesan mewah dan elegan yang menyeruak saat pengantin adat memakai suntiang.

Apakah Takaiters tahu beberapa fakta menarik yang menambah daya tarik suntiang? Mari amati serangkaian hal istimewa tentang suntiang :

Berat Suntiang yang begitu fantastis, sehingga dinobatkan mahkota pengantin terberat di Indonesia

Foto : weddingku.com

Berat mahkota adat ini tidak tanggung-tanggung, yaitu sekitar 3,5- 5 kg. Bayangkan effort seorang anak dara Minang saat mengenakan beban yang setara dengan berat laptop versi lama atau topi baja yang biasa dikenakan pasukan militer. Itulah mengapa, suntiang dinobatkan sebagai jawara dari mahkota pengantin adat yang terberat di Indonesia.

Tahukah kamu, ada empat jenis hiasan yang disusun sehingga membentuk Suntiang 

Foto : kapanlagi.com

Lapisan suntiang yang berat tersebut terdiri dari deretan bunga serunai berjumlah 3-5 lapis pada bagian dasar. Dilanjutkan dengan sejumlah hiasan bunga gadang dengan 3-5 lapisan. Kemudian kembang goyang ditambahkan sebagai pelengkap. Mahkota suntiang dipercantik dengan hiasan untaian di pipi kiri dan kanan pengantin yang disebut sebagai kote-kote.

Mahkota adat khas minang ini memiliki bentuk yang beragam loh…

Foto : blogminangkabau.wordpress.com

Suntiang memiliki beberapa jenis berdasarkan daerah masing-masing. Misalnya seperti Suntiang Solok (dirangkai tanpa menggunakan kawat), Suntiang Kurai (khas Bukittinggi), Suntiang Sungayang, Suntiang Tana Datar, Suntiang Pariaman, dan masih ada berbagai jenis suntiang lain.

Secara umumnya, Suntiang terdiri dari dua macam, yaitu Suntiang Gadang dan Suntiang Ketek. Suntiang Gadang digunakan oleh pengantin wanita, sedangkan Suntiang Ketek digunakan oleh para pengiring atau pendamping mempelai wanita.

Ada perbedaan tingkatan pada Suntiang

Foto : thebridedept.com

Pada suntiang Gadang dan Ketek, ada perbedaan tingkatan yang mencolok. Suntiang Gadang yang dikenakan oleh pengantin wanita memiliki 7-11 tingkatan. Sedangkan suntiang Ketek hanya memiliki 3 hingga 5 tingkatan saja. Unik bukan?

Jika Takaiters ingin tampil anggun dan memikat bak putri-putri Minang, pastikan memilih Suntiang sebagai pelengkap istimewa di hari spesialmu. Meskipun berat, Suntiang mampu membuat para pemakainya meringis beberapa lama, dijamin mahkota ini akan membuat penampilan Takaiters tak bercela. Selamat mencoba!(takaitu.com)

 

Related posts

Inilah 9 Tradisi Unik Menjelang Ramadhan dari Tanah Minang

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat di nantikan oleh seluruh umat Islam. Di bulan ini para...

Continue reading

Peduli lingkungan, 40 ribu tukik ditetaskan

Lokasi penetasan tukik yang dikelola Pemuda Peduli Lingkungan di Amping Parak. (Antara Sumbar/Didi...

Continue reading

Potret Kedekatan Bung Hatta dan Ibunda yang Bikin Terharu

    Moch Hatta | Via: wikipedia.com Liputan6.com, Padang - Di balik kehebatannya...

Continue reading